Anggota DPR Pertanyakan Rencana Indonesia Ekspor Beras ke CIna

JAKARTA, Harnasnews – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo diminta mengamankan kebutuhan nasional  terlebih dulu sebelum melakukan ekspor. hal itu menyusul rencana pemerintah yang akan melakukan ekspor beras ke negara China di tengah keadaan dunia saat ini sedang terjadi krisis pangan.

Anggota Komisi IV DPR RI Edward Tannur mempertanyakan rencana pemerintah untuk mengekspor  beras ke Cina. Sebab negara tirai bambu itu tidak kurang beras.

“Cina punya satu hektar saja, bisa produksi padi itu 12 ton. Kita hanya 5 ton saja, sombong juga kita ini. Jangan, kita amankan saja dulu kita punya kebutuhan nasional,” ujar Edward dalam Rapat Kerja Komisi IV DPR RI dengan Kementerian Pertanian RI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin (13/6/2022).

Keadaan dunia saat ini terjadi krisis pangan, bahkan banyak negara-negara penghasil pangan terkemuka sudah mulai menghentikan ekspor pangannya keluar. Karena mereka melihat keadaan krisis pangan yang saat ini terjadi akan berlanjut karena terjadi anomali iklim. Hal ini menyebabkan tidak ada kepastian mengenai produksi pangan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.