Anies Baswedan Dinilai Bakal Capres Paling Potensial

JAKARTA, Harnasnews.com – Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin menilai gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpeluang kuat maju pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada pemilu 2024 mendatang.

Ujang berpandangan bahwa Anies calon yang paling potensial. Sebeb, banyak prestasi nasional dan internasional yang diraih oleh orang nomor satu di DKI Jakarta itu.

“Anies Punya banyak pengalaman di pemerintahan. Pernah jadi menteri dan saat ini sedang jadi Gubernur DKI Jakarta,” ujar Ujang Komarudin, Sabtu (22/5/2021).

Sebelumnya, sejumlah nama kepala daerah masuk dalam daftar bursa bakal Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden pada Pemilu 2024 mendatang. Hal tersebut berdasarkan rilis dari sejumlah lembaga survei terkemuka baru-baru ini.

Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Berdasarkan survei nasional Indonesia Political Opinion (IPO) pada Maret 2021, nama gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di peringkat pertama dengan meraih dukungan sebesar 15,8% responden. Kemudian, disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di posisi kedua dengan 12,6%. Selanjutnya, di posisi ketiga Gubernur Jawa Ridwan Kamil di urutan keempat dengan 7,9%.

Sedangkan hasil survei Lembaga Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) pada 28 Februari sampai 8 Maret 2021, mencatat nama Ganjar di posisi teratas alias calon paling potensial di Pilpres 2024 dengan 20,8%. Kemudian disusul oleh Anies Baswedan dengan 15,7%. Sedangkan Ridwan Kamil di urutan keempat dengan 7,9%.

Sementara, berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan pada Maret 2021, Anies Baswedan memperoleh angka tertinggi, yakni 15,2%. Di urutan kedua adalah Ganjar Pranowo dengan angka 13,7%.

Ridwan Kamil berada di posisi ketiga dengan 10,2%. Lalu, siapa yang paling kuat untuk Pilpres mendatang diantara ketiga tokoh kepala daerah tersebut?

Sementara itu, Direktur Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara mengatakan, skenario Pilpres 2024 yang mungkin terjadi adalah kandidat presiden berlatarbelakang menteri di kabinet Jokowi saat ini nanti akan berhadapan dengan kandidat kuat lainnnya yang berlatarbelakang kepala daerah, yaitu Anies Baswedan, Ridwan Kamil, atau Ganjar Pranowo yang rata-rata semuanya sekarang sering ditampilkan dan ditonjolkan oleh survei-survei.

“Di antara tiga nama kepala daerah tersebut, nama Anies Baswedan punya elektabilitas paling bagus, tetapi tingkat likeability pemilih Jokowi sangat rendah. Sebaliknya, Ganjar Pranowo mungkin tinggi pada pemilih Jokowi, tapi rendah pada pemilih muslim yang tidak suka pada Jokowi. Sementara Ridwan kamil yang paling aman di antara keduanya,” kata Igor.

Leave A Reply

Your email address will not be published.