Dituding Tidak Tepat Sasaran, Proyek Samisade Cibedug Ciawi Bogor Diprotes Warga

BOGOR, Harnasnews – Sejumlah warga di Desa Cibedug Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor menyampaikan prrotes terkait proyek Satu Miliar Satu Desa (Samisade) di desa tersebut.

Pasalnya proyek Samisade yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor tahun anggaran 2021 itu, dianggap tidak tepat sasaran alias proyek mubazir, lantaran di kawasan tersebut tidak berpenghuni atau tidak ada pemukiman warga.

“Bagaimana kami selaku warga tidak protes pak, lokasi betonisasi jalan di Kampung Citerong RW 04 dan Kampung Ciaul RT 04/06 dengan spek pekerjaan volume 155O meter, lebar 3 meter dan ketebalan 15 sentimeter dengan menelan anggaran senilai Rp 9.580.780.000 itu tidak ada satu pun pemukiman warga. Jadi, kami anggap proyek ini tidak tepat sasaran alias proyek mubazir,” ungkap salah seorang warga Desa Cibedug RT 02/01, Rahmat Nurbiyat yang didampingi sejumlah warga setempat kepada harnasnews.com, Kamis (13/1/2022).

Rahmat menduga, bahwa manfaat betonisasi jalan yang dikerjakan saat ini tidak lebih hanya untuk menguntungkan pemilik lahan yang notabene mereka bukan warga Desa Cibedug.

“Maka dengan demikian jelas sudah memperkuat dugaan kami bahwa manfaat dari proyek betonisasi jalan ini tidak lebih hanya untuk menguntungkan pemilik lahan yang mana mereka itu adalah warga yang berdomisili di wilayah Jakarta,” ketusnya.

Tak hanya itu, Rahmat juga menyoroti atas ketidak tranparanan Pemerintah Desa (Pemdes) Cibedug dalam merealisasikan semua jenis bantuan yang di peroleh pihak desa, baik yang bersumber dari bantuan Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), Bagi Hasil Pajak Restribusi Daerah (BHPRD), Bantuan Provinsi (Banprov) dan bantuan sosial lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.