KUPANG, Harnasnews – Kantor Wilayah Kemenkumham Nusa Tenggara Timur menerjunkan 61 personel untuk mendukung pelaksanaan KTT ASEAN Ke-42 yang puncaknya akan dilaksanakan mulai Selasa (9/5) hingga Kamis (11/5).

“Total petugas untuk melaksanakan pelayanan pemeriksaan keimigrasian, pemantauan/pengawasan, dan pengamanan berjumlah 61 orang selama perhelatan KTT ASEAN,” kata Kakanwil Kemenkumham NTT Marciana D Jone saat dihubungi dari Kupang, Sabtu malam.

Hal ini disampaikan ketika dikonfirmasi soal hasil pemantauan yang dilakukannya di Bandara Komodo untuk kelancaran pelaksanaan KTT ASEAN 2023 yang digelar di Labuan Bajo.

Dia menjelaskan bahwa 61 personel itu tersebar di tiga posko, mulai dari Bandara Komodo, Pelabuhan Marina Komodo, dan Kantor Imigrasi Labuan Bajo.

Marciana menambahkan bahwa para personel yang bertugas di Bandara Komodo bekerja dengan sistem shif atau bergantian selama 24 jam. Selain itu, ada pula petugas yang melaksanakan pemantauan, pengawasan, dan pengamanan keimigrasian.

“Petugas yang khusus melaksanakan pelayanan pemeriksaan keimigrasian berjumlah 27 orang yang tergabung dalam Ditjen Imigrasi, Kanwil Kemenkumham NTT, dan Imigrasi Ngurah Rai, Bali,” ujar dia, dilansir dari antara.