Perkuat UMKM Lokal, AQUA Keboncandi Gelar Pameran UMKM

Berita

PASURUAN, Harnasnews – Dalam memeriahkan peringatan HUT RI ke-77 di Desa Tenggilisrejo, AQUA Keboncandi bermitra dengan Yayasan Social Investment Indonesia (YSII) menggelar pameran UMKM. Kegiatan merupakan kolaborasi antara AQUA Keboncandi, YSII, Pemerintah Desa Tenggilisrejo, dan BUMDesa Cakrawala dalam serangkaian acara diantaranya jalan sehat, pentas seni dan budaya, pameran UMKM, dan Trofeo Cup 2022.

Bertempat di lapangan Desa Tenggilisrejo, pameran diikuti oleh para pengusaha UMKM dan BUMDesa dari desa-desa di Kecamatan Gondangwetan, Kecamatan Winongan, serta beberapa desa disekitarnya.

Tak lupa didalam acara melibatkan Muspika Gondangwetan. Pameran UMKM diresmikan oleh Kapolsek Keboncandi bersama Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kecamatan Gondangwetan.

Ahmad Saiful selaku Kepala Desa Tenggilisrejo menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan semarak kemerdekaan RI ke-77 merupakan gelaran acara besar setelah 2 tahun pandemi covid-19.

“Selain untuk mengenang perjuangan kemerdekaan, kegiatan ini menjadi momen kebersamaan masyarakat Desa Tenggilisrejo. Kegiatan ini dapat terlaksana atas solidaritas seluruh elemen masyarakat Desa Tenggilisrejo dan dukungan banyak pihak,” ucapnya.

AQUA Keboncandi melalui program tanggung jawab sosial (CSR) berkomitmen mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Hari Wicaksono selaku SR Manager AQUA Keboncandi mengatakan bahwa perusahaan ingin tumbuh dan berkembang secara dinamis bersama masyarakat.

“UMKM memiliki kontribusi cukup signifikan bagi perekonomian di desa, oleh karena itu kami sangat mendorong UMKM lokal untuk tumbuh dan berkembang. Kami harap pameran ini dapat memperluas pemasaran produk-produk lokal dan memperkuat bisnis UMKM,” jelas Hari Wicaksono.

Pameran UMKM juga dihadiri oleh Kepala Bidang Usaha Mikro Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pasuruan, Mokhamad Kholid.

Dalam kunjungannya ke stand UMKM, Mokhamad Kholid menyampaikan bahwa untuk mendorong kemajuan UMKM diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak.

“Pendampingan UMKM tidak bisa dilakukan sendiri oleh kami, karena banyaknya jumlah UMKM di Kabupaten Pasuruan. Kolaborasi seperti ini, antara pemerintah dan pihak swasta akan mempermudah dan mengakselerasi penguatan UMKM,” terang Kholid.

Kemeriahan acara terlihat dari banyaknya warga yang hadir baik dari Desa Tenggilisrejo maupun dari desa-desa lainnya, Ketua BUMDesa Cakrawala, M. Irfan selaku ketua pelaksana kegiatan menyampaikan rasa bangga terhadap kesuksesan acara.

“Saya sangat berterimakasih kepada seluruh warga dan semua pihak yang telah mendukung penuh kegiatan ini. Melalui momentum ini, kami ingin mengajak generasi muda untuk berkontribusi dan ikut ambil peran dalam membangun Desa Tenggilisrejo yang lebih baik lagi. Semoga dengan adanya BUMDesa kita bisa menciptakan inovasi-inovasi baru dan membangun ekonomi kreatif yang bisa memperkuat perekonomian desa,” tutupnya.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.