Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu di Tambun Utara Selesai, Partisipasi Pemilih Tembus 83 Persen

BEKASI, Harnasnews – Rapat pleno rekapitulasi surat suara hasil Pemilu 2024 tingkat Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi telah selesai.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tambun Utara, Adhi Laksono Murti mengatakan, rekapitulasi dimulai sejak 20 Februari hingga berakhir pada tanggal 4 Maret dini hari. “Alhamdulillah, semua berjalan lancar dan tidak ada gesekan. Meski begitu dinamika forum pasti ada, dan itu hanya sebatas argumentasi dan persoalan-persoalan yang salah pemahaman saja,” kata Adhi, Selasa (5/3/2024).

Dia memastikan bahwa seluruh hasil rekapitulasi dicapai dengan mufakat bersama, karena sepanjang proses rekapitulasi akhir pleno di Tambun Utara, dirinya selalu menanyakan kepada setiap saksi partai politik mengenai ada atau tidaknya keberatan atas hasil tersebut.

“Alhamdulillah tidak pernah ada. Artinya, kami semua menyepakati bahwa hasil perolehan di Tambun Utara benar-benar murni adanya, sesuai dengan apa yang tertulis di C1 plano atau c hasil yang dituliskan oleh teman-teman KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) pada saat di TPS pada tanggal 14 Februari kemarin. Jadi kita semua mengacu kepada C1 Plano atau c hasil bukan kepada c salinan yang dimiliki oleh para saksi,” paparnya.

Di sisi lain, Adhi mengatakan, secara umum angka partisipasi pemilih di Tambun Utara telah melebihi target nasional 80 persen, yakni mencapai 83 persen. Terdapat kenaikan dari Pemilu 2019 yang tercatat sekitar 78 persen. Lebih rinci, untuk Pemilihan Presiden angka partisipasinya mencapai 83,75 persen, pemilihan DPR RI 83,43 persen, pemilihan DPD RI 83,56 persen, pemilihan DPRD Provinsi 83,46 persen, dan pemilihan DPRD Kabupaten/Kota sekitar 83,44 persen.

“Untuk DPT (Daftar Pemilih Tetap) di Kecamatan Tambun Utara sebanyak 133.035 pemilih dengan jumlah 496 TPS yang tersebar di 8 desa,” terang Adhi.

Lebih lanjut, Adhi yang mewakili PPK Tambun Utara mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada seluruh stakeholder terkait, baik Muspika, tokoh masyarakat, maupun rekan-rekan peserta pemilu yang turut berkontribusi dalam menjaga kondusifitas di wilayah Tambun Utara.

“Saya juga memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh penyelenggara pemilu seperti Panwascam, PPS, PKD, KPPS dan PTPS se-Tambun Utara yang sudah menghibahkan waktu, tenaga serta pikiran untuk turut mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini sehingga menciptakan iklim yang kondusif, damai dan sejuk khususnya di wilayah Tambun Utara,” pungkas Adhi. (Supri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.