Wiku: Pertimbangan Metode Testing Covid-19 Sangat Dinamis

JAKARTA, Harnasnews.com – Pemerintah telah mengubah persyaratan perjalanan bagi penumpang dengan transportasi udara di wilayah Jawa Bali yang sebelumnya diwajibkan menunjukan hasil negatif tes PCR. Para pelaku perjalanan tersebut kini dapat melakukan perjalanan menggunakan pesawat dengan menunjukan hasil negatif dari tes antigen.

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, dinamika syarat testing khususnya yang bersifat diagnostik merupakan hal yang wajar. Sebab, kata dia, pertimbangan untuk memilih metode testing pun juga sangat dinamis.

“Dalam upaya skrining diagnostik dan upaya pengendalian Covid-19 lainnya, pemerintah berusaha menyesuaikan fungsi tiap metode testing dengan situasi kasus nasional dan daerah, kondisi aktivitas masyarakat, dan kesiapan sarana dan prasarana,” jelas Wiku saat konferensi pers, Selasa (2/11).

Ia mengatakan, pemerintah berupaya keras menjadikan setiap metode testing yang dipersyaratkan dapat terakses dengan baik oleh masyarakat sesuai dengan ketersediaan fasilitas maupun keterjangkauan biaya. Pemerintah pun akan terus mengevaluasi setiap implementasi kebijakan agar dapat berjalan dengan baik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.