Pemanfaatan TIK Bantu Tingkatkan Sektor UMKM di Era Pandemi

JAKARTA, Harnasnews.com – Pemanfaatan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di tengah wabah pandemi Covid-19 dinilai mampu meningkatkan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Apalagi prospek kegiatan ekonomi berbasis flatform digital saat ini dianggap menjadi penggerak perekonomian Indonesia.

Demikian mengemuka dalam webinar bertajuk Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pemasaran UMKM yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (26/8). Webinar via zoom yang  diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diikuti 150 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek menghadirkan Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid sebagai keynote speaker, Guru Besar Universitas Sebelas Maret, Prof Widodo Muktiyo dan Owner Rumah Blepot, Rafiqoh Purnamasari.

“Kegiatan ekonomi berbasis sharing khususnya e-commerce, marketplace, fintech dan ride sharing telah menjadi penggerak dan showcase bagi ekonomi digital di Indonesia,” kata Widodo Muktiyo.

Ketua Komisi 1DPR, Meutya Hafid dalam keynote speakernya mengatakan fenomena kehadiran media sosial sebagai dampak dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat luar biasa.

“Dengan berbagai layanan yang dapat digunakan, media sosial telah mengubah cara berkomunikasi dalam masyarakat,” katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.